Friday, January 27, 2012

Naik kereta api tut....tut....tut.....

Entah kenapa dari sekian buanyaaaak transportasi yang pernah saya naiki, baik itu darat laut & udara, kayaknya cuma sepur / kereta deh yang paling jadi favoritku, dari kecil saya sukaaaaa banget naik kereta & emang trasportasi yang satu ini lumayan sering saya naiki. spoor yang paling saya suka itu KA. Argo Jati (Jakarta Gambir - Cirebon).  Perkereta apian di Indonesia itu juga cukup maju loh, buktinya kita sering meng export produk-produk dari PT.IKNA ke luar negeri seperti Malaysia dan Bangladesh, gimana bangga kan?





KA Argo Bromo Anggrek (Jakarta Gambir - Surabaya Pasarturi)





Kereta penumpang Kelas Bisnis
Kereta di Indonesia di bagi dalam beberapa kelas yang pertama Kelas Eksekutif (K1) Kelas Bisnis (K2) dan Kelas Ekonomi (K3), jadi tepat banget dah kalo kereta itu di sebut angkutannya semua rakyat, soalnya dri mulai rakyat kelaas menengah kebawah sampai kelas atas semuanya bisa menikmatinya.  Buat yang berkantong lumayan Eksekutif bisa menjai pilihan karena fasilitas yang di tawarkan mantap punya! seperti waktu tempuh yang cepat, jumlah penumpang yang lebih sedikit per kereta hanya 50 seat, hiburan berupa LCD yang menayangkan lagu-lagu / film kemudian tiap seat di lengkapi dengan meja lipat, lampu baca, stop kontak, bantal, dan untuk perjalanan malam juga di sediakan selimut, selain keadaan kereta penumpang yang nyaman kereta makan / restorasinya juga bersih dan nyaman dengan menawarkan makanan khas dari daerah masing yummy! Sementara untuk kelas Bisnis di isi dengan 64 kursi, kursi di kelas Bisnis ini unik loh soalnya arah kursinya bisa bisa dibalik jadi bisa di posisikan berhadapan dengan kursi lain atau membelakangi kursi lain. Nah buat yang pengen "merakyat" KA ekonomi lah pilihannya, bayangin aja Jakarta-Jogja cuma 35-45ribu perak doang sodara-sodara!!! murah nggak tuh, cuma yaaaa namanya angkutan murah ya fasilitasnya jga nggak bisa dibandingkan sama yang eksekutif / bisnis ya.... (Peace).

Kereta penumpang eksekutif

Hiburan berupa LCD TV di kelas Eksekutif
Oh iya selain itu kereta di indonesia itu "Unik" dan berbeda dengan kereta-kereta di luar sana, mulai dari sejarah sampai penamaan armadanya-pun unik loooh untuk kelas eksekutif di bangi menjadi jadi 2 yaitu kelas Argo, yang menggunakan nama-nama gunung, dan kelas Satwa yang menggunakan nama-nama satwa khas pewayangan indonesia contoh kereta api kelas Argo adalah KA. Argo Bromo Anggrek punya daerah oprasional Surabaya dan KA. Argo Jati Punya daerah operasional Cirebon keduanya diambil dari nama gunung yaitu gunung Bromo dan gunung Jati, sementara yang kelas satwa contohnya KA. Taksaka milik daerah operasional Yogyakarta dan KA. Turangga milik daerah operasional Surabaya, Taksaka diambil dari nama Naga dalam mitologi Hindu sedangkan Turangga adalah seekor kuda para raja-raja di jawa, untuk kelas bisnis dan ekonomi biasanya menggunakan nama sebuah icon dari kota tersebut seperti KA. Progo yang di ambil dari nama sungai di Yogyakarta. Selain nama-nama tersebut ada beberapa kereta yang namanya diambil dari gabungan beberapa kota tujuan kereta tersebut contohnya kaya KA. Bangunkarta yang merupakan singkatan jomBANG madiUN jaKARTA unik ya namanya :D
Suasana Restorasi kelas Eksekutif


Jadi menurut saya, kereta itu:
  1. Transportasi yang ramah lingkungan
  2. Fasilitasnya matap
  3. Lebih cepat sampai (bebas macet booookkk)
  4. kalo suntuk bisa jalan-jalan, (biasanya sih ke restorasi beli makanan, apa lagi kalo restorasinya pake kereta batik :D )
  5. Angkutan yang paling merakyat
  6. The best vehicle in whole world 8)


Sumber gambar : kereta-api.co.id 

2 comments:

Anonymous said...

Mantep gan kereta api emng sexy <3
BTW Agan RF kah???

Nuhan said...

Kalo "RF" sih bukan, ane cuma tertarik aja sama dunia persepuran [kalo gtu RF dong :p] tapi ane belum tau banyak kok sama dunia persepuran :D

Post a Comment

 
PERINGATAN! Blog ini milik Nuhan Hidayat, bagi yang copas artikel sembarangan yang cowok tak sumpahin tit*tnya impoten seumur hidup, yang cewek tak sumpahin jadi perawan sampe mati.