Saturday, December 29, 2012

Kuesioner Untuk Menilai Dosen

Ilustrasi

Halo blogsphere!!  UAS udah didepan mata, dan seperti biasanya di akhir semester selalu ada yang namanya kuesioner atau angket untuk menilai kinerja para pengajar [Dosen] dalam proses belajar mengajar, jadi bukan Cuma Dosen aja yang bisa ngasih nilai ke Mahasiswanya tapi Mahasiswa juga bisa menilai kinerja Dosen hihihihi….., ini penting loh, karena hal ini bisa di jadikan sebagai feedback untuk Dosennya sendiri.


Kuesionaer / Angket untuk Dosen
Ada banyak cara untuk menilai kinerja seseorang, termasuk pengajar nah salah satu cara yang paling bayak digunakan adalah menggunakan kuesioner / angket, cara ini bayak digunakan karena hasil angket merupakan gabungan dari berbagai pendapat.  Menurut KBBI sendiri angket berarti daftar pertanyaan tertulis mengenai masalah tertentu dng ruang untuk jawaban bagi setiap pertanyaan.  Jadi boleh dikatakan angket itu kumpulan suara dari semua responden.


Penilaian yang subjektif
Kuesioner/angket memang banyak digunakan, tapi apa bisa dipastikan kalau hasilnya itu yang “sebenarnya” mengingat yang kita nilai adalah Dosen kita sendiri, misalnya gini kebanyakan Mahasiswa [saya nggak termasuk ya hehe pissss] justru memberikan nilai yang kecil terhadap Dosen yang dianggak “Galak” atau karena tidak suka dengan mata kuliah yang di ajarkan.  Kalau kita mengulas kembali fungsi, dan cara penilaian menggunakan angket penilaian macam itu sebenarnya sah-sah saja dilakukan karena memang yang namanya kuesioner / angket itukan diisi sesuai persepektif kita masing – masing [subjektif].


Kesimpulan menurut saya
Sebenarnya sih kita boleh – boleh saja menilai Dosen secara subjektif seperti itu, tapi alangkah lebih baiknya kalau kita menilainya sesuai dengan kinerjanya, jangan karena kita tidak suka dengan mata kuliah [kalo nggak suka ngapain diambil?] atau tidak suka dengan Dosennya lantas kita memberikan nilai yang kecil kepada Dosen tersebut.


 
PERINGATAN! Blog ini milik Nuhan Hidayat, bagi yang copas artikel sembarangan yang cowok tak sumpahin tit*tnya impoten seumur hidup, yang cewek tak sumpahin jadi perawan sampe mati.